Rabu, 08 Januari 2014

NASI TEMPONG



Nasi Tempong ….Nasi Khas Kota Banyuwangi…Tempong (Tahu, Tempe Terong ), dengan berkembanya kliner maka ditambah ayam goreng kampong / bebek/ ikan, + ikan asin.Nasi Tempong ini makanan favorit saya sewaktu tugas di pulau Bali, maklum di kota Denpasar dan sekitarnya banyak sekali yang menjajakan Warung Nasi Tempong, salah satunya Yang berada di Ujung Jalan Imam Bonjol hampir memasuku kota Denpasar.., Yang suka Kuliner Pedas cocok sekali bila ingin mencoba sensasi rasanya…TOP Markotop …Rasanya Sambal Gurih dan Super Pedas…Sampai – sampai kadangkala mengangenkan ingin merasakan kepedasanya….. Jika Anda belum sempat keBali,  Banyuwangi atau mampir ke rumah makan yang menyajikan Nasi Tempong, tidak usah khawatir. Anda bisa mencoba makanan itu di rumah. Caranya dengan mempraktekan resep di bawah ini.

Bahan sambal :

- 1/2 siung besar bawang putih
- 10 buah cabe rawit merah
- 1 buah tomat kecil ( yang rasanya asam )
- terasi goreng bila suka tambah gula merah secukupnya + Jeruk Limau

Lalap :

- Sayuran terong dan Bayam rebus
- Toge rebus
- Ketimun iris


Cara Membuat :

1. Bawang, cabe,tomat digoreng kemudian ditaruh cobek bersama terasi goreng dan dihaluskan.
2. Kemudian ditambahi garam dan gula sesuai selera lalu dihaluskan.
3. Sambal tempong siap dihidangkan.
4. Taruh daun pisang di atas piring dan taruh nasi, lalapan, sambal dan jangan lupa tempe, tahu, ikan asin goreng (Bisa juga lauknya pakai ayam goreng atau daging empal goreng).
5. Nasi Tempong siap dihidangkan.


KULINER DI BOGOR

MIE AYAM BANGKA " Warung Gumbira"

WARUNG GUMBIRA BOGOR ....tambah satu lagi outlet yaitu BAKMI AYAM BANGKA GUMBIRA 100% Halal , Bila para pencinta kuliner mampir tidak akan ...